JURNAL: Uji Aktivitas Antibakteri Kitosan dari Kulit Udang terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dengan Metode Difusi Agar

Jurnal Penelitian Perikanan - Uji Aktivitas Antibakteri Kitosan dari Kulit Udang terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dengan Metode Difusi Agar - ABSTRAK: Telah dilakukan uji aktivitas antibakteri kitosan dari kulit udang (Litopenaeus vannamei) terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dengan menggunakan metode difusi agar. Dari 100 gram kulit udang diperoleh kitosan murni ± 6 gram. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa konsentrasi 0,5% b/v (5000 bpj) kitosan mempunyai aktivitas setara dengan 0,047902 bpj kloramfenikol terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan 0,06887 bpj kloramfenikol terhadap bakteri Escherichia coli. Konsentrasi hambat minimum kitosan terhadap bakteri Staphylococcus aureus adalah 400 bpj dan terhadap bakteri Escherichia coli sebesar 350 bpj.

Kata kunci : Antibakteri, Kitosan, Kulit udang, Litopenaeus vannamei
teks lengkap >>

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL: Uji Aktivitas Antibakteri Kitosan dari Kulit Udang terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dengan Metode Difusi Agar"

Posting Komentar

wdcfawqafwef