Ikan Hias Mas Koki di Negeri Cina

mas koki
Ikan Hias - Ikan Hias Mas Koki di Negeri Cina - Kendati sudah diketahui negara asal mas koki, tapi sampai kini belum ditemukan catatan sejak kapan pertama kali mas koki dijadikan ikan hias. Hanya dikabarkan, karper crucian carp yang jadi nenek moyang mas koki “dijinakkan” pertama kali sekitar 1000 tahun silam, ketika dinasti Sung berkuasa (960-1279). Sedangkan perkembangannya baru pesat setelah teknik budidaya air tawar dikenal, yakni semasa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644).

Pada saat Dinasti Ming itulah bermunculan ikan mas berwajah aneh-aneh. Ikan mas generasi ini kemudian disebut goldfish di luar negeri, sedangan di indonesia lebih akrab dikenal dengan nama mas koki.

Saat ini di China, tipe mas koki diperkirakan sudah mencapai ratusan. Untuk memudahkan orang mengenalnya, tipe-tipe mas koki itu diberi nama berdasarkan keunikan yang terdapat pada tubuhnya. Misalnya, tipe-tipe beradasarkan bentuk kepala, mata, tutup insang, selaput hidung, dan selaput mata.

a. Tipe Kepala
Berdasakan bentuk pertumbuhan kepala, di Cina dikenal sedikitnya 6 macam tipe mas koki, yakni; kepala tinggi, kepala macan, kepala setan, kepala singa, kepala kodok, dan kepala tikus.

b. Tipe Mata
Beradasarkan tipe mata ada 7 macam tipe mas koki, yakni: mata biasa, mata balon, mata teleskop dengan kornea yang transparan(di Cina disebut tong pao yen) celestial (nirwana), teleskop dengan pupil gelap (putai yen), mata merah (chu sha yen), danmata itik mandarin (sebelah merah dan sebelah lagi putih).

c. Tipe sisik
Berdasarkan tipe sisik, mas koki di Cina dikelompokkan menjadi tiga, yakni; sisik normal (biasa seperti sisik ikan lazimnya), sisik transparan, dan sisik mutiara (dalam bahasa mandarin disebut chin choo yu)

d. Tipe Warna
froghead goldfish
Mas koki jenis Froghead, termasuk
cukup digemari di China
Berdasarkan tipe warna, terdapat mas koki berwarna hitam, kuning, merah, atau kombinasi merah dengan putih. Selain itu di China juga ditemukan tiga macam warna spesifik, yaitu: merah tembaga, biru dan ungu. Warna spesifik itu terdapat pada ikan bersisik normal. Beberapa pengamat menganggap ungu sebagai warna haru, tapi pihak lain menduga warna itu berasal dari hasil seleksi mas koki cokelat

Penggolongan mas koki lain yang juga lazim dilakukan di China, diberikan berdasarkan bentuk anggota tubuh. Mereka menggolongkan atas tiga kelompok tipe, yaitu wen shu (mas koki biasa yang terdiri atas 20 varietas) , ron shu (mas koki bermata menonjol yang terdiri sekitar 30 tipe), dan zokushu (mas koki tak memiliki sirrp punggung yang terdiri sekitar 20 tipe).

Jenis-jenis mas koki produksi China yang dewasa ini tergolong top adalah mas koki biru (lang wen yu), mas koki cokelat atau merah lembayung (tsu yu), mas koki mata balon (shui pao yen), mas koki kepala kodok (hama tou), mas koki sisik mutiara (chin choo yu), mas koki pompon (run chiu yu), mas koki redcap/resket/redhand (hon tou), dan mas koki outturned operculum (fansai).

Ciri khas mas koki biru terletak pada warnanya yang biru keunguan. Dulu warnanya ini hanya ditemukan pada mas koki tipe mata teleskop, tapi belakangan ditemukan pada mas koki tipe lain.

Ciri khas mas koki cokelat atau merah lembayung adalah warnanya yang cokelat dan merah lembayung. Dulu warna ini hanya terdapat pada mas koki mata teleskop.

Baca juga artikel menarik tentang Mas koki lainnya:

=> Sejarah Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Negeri Jepang 
=> Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Eropa dan Amerika
=> Perkembangan Usaha Pemeliharaan Mas Koki di Indonesia
=> Nama Ilmiah Mas Koki, Mana yang Benar ?
=> Morfologi dan Karakteristik Mas Koki

0 Response to "Ikan Hias Mas Koki di Negeri Cina"

Posting Komentar

wdcfawqafwef