Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Eropa dan Amerika

comet tail goldfish
Ikan Hias - Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Eropa dan Amerika - Mas koki masuk Amerika Serikat (AS) dari Jepang, sekitar tahun 1876. AS menghasilkan dua varietas atau tipe mas koki yang sangat terkenal di seluruh dunia, yaitu mas koki veiltail (ekor rumbai) atau mas koki tosa, dan mas koki comet tail (ekor komet) alias mas koki bintang berekor.

Mas koki veiltail lahir di Philadelphia, hasil mutasi dari mas koki ryukin atau fantail Jepang (ekor kipas). Nama veiltail mencuat setelah disilangkan dengan mas koki lain terutama calico telescope (koliko mata teleskop) dan blackmoor. Kini veiltail jadi ratunya mas koki di negara-negara barat, banyak dipelihara di akuarium.

Mas koki comet tail diduga berasal dari mutasi ryukin atau fantail. Mas koki ini lebih dikenal dengan nama komet. Tubuhnya memanjang seperti tubuh ikan konsumsi, tapi sangat indah dipandang dan mudah dipelihara. Gerakannya lincah, berenangnya bergaya konstan. Di AS mas koki komet telah diproduksi dalam jumlah jutaan ekor, dan yang kini ada di Jepang berasal dari AS.

Di Eropa, mas koki diperkirakan tiba di benua ini sekitar tahun 1611, 1691, dan 1728. Angka tahun tiba ini diperoleh dari catatan pengiriman mas koki dari China ke Eropa.

Dari Italia dan Inggris, mas koki masuk ke Belanda dan segera diternakan di negara tersebut. Namun rupanya orang Eropa lebih senang jadi hoiis daripada jadi peternak. Kalaupun ada yang menernakkannnya, porsinya kecil. Andil untuk mengisi pasar ikan hias tidak terasa.

Sampai sekarang Eropa merupakan pasar mas koki yang besar daya serapnya. Sebagian besar ikan hias termasuk mas koki yang diternakkan di Jepang, Cina, Hongkong, dan Indonesia mengalir ke pasar Eropa setiap tahun.

Baca juga artikel menarik tentang Mas koki lainnya:

0 Response to "Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Eropa dan Amerika"

Posting Komentar

wdcfawqafwef