10 Gambar Ikan Terbesar di Dunia

ikan terbesar
Ikan Terbesar - 10 Gambar Ikan Terbesar di Dunia - Hai kawan, ternyata di laut sana masih banyak ikan-ikan atau sebangsanya yang memiliki ukuran yang luar biasa besar, jauh lebih besar daripada hewan-hewan laut dengan ukuran normal yang pernah kita lihat. Aku bahkan merasa beruntung belum pernah bertemu secara langsung dengan ikan terbesar beserta kawan-kawannya ini, sewaktu berenang atau bermain-main di laut. Aku pasti ketakutan setengah mati kalau benar-benar ketemu dengan mereka, makhluk laut bersisik atau berlendir berukuran besar ini, bahkan kalaupun mereka benar-benar tidak berbahaya.

Kalaupun kalian ada yang pernah melihat ikan-ikan berukuran sangat besar, coba bandingkan apa yang pernah kalian lihat dengan 10 ikan terbesar di dunia yang pernah tertangkap manusia:

1. Cumi-Cumi terbesar di dunia (tertangkap di Laut Artik):

ikan terbesar

Cumi-Cumi (Squid) besar ini tertangkap di lautan Artik dengan berat kurang-lebih 1.089 pound (490 kg) dengan ukuran panjang 6 meter. Sebelumnya cumi-cumi terbesar pernah tertangka di Selandia Baru denga berat sekira 992 pound (446 kg).

2. Ikan Alligator Gar terbesar di dunia (yang pernah tertangkap di Texas):

ikan terbesar

Bayangkan kalau tiba-tiba ikan Alligator Gar besar ini tertangkap, sewaktu kita melakukan perjalanan memancing di laut bersama teman-teman. Coba perhatikan ukuran rahangnya!

3. Ikan Sea Bass terbesar di dunia (tertangkap di California):

ikan terbesar

Acara memancing yang luar biasa kalau bisa mendapatkan ikan sebesar ini. Ikan sea bass terbesar yang pernah tertangkap ini adalah sea bass hitam dengan berat 400 pound (180 kg).

4. Ikan Hiu terbesar di dunia (yang tertangkap di Laut Mediterania):

ikan terbesar

Dilaporkan ikan hiu terbesar yang pernah tertangkap adalah dari jenis hiu paus (whale shark), yang tertangkap di laut Mediterania dengan ukuran panjang 23 kaki (sekitar 7 meter), tetapi ternyata ukuran panjangnya yang benar adalah 21 kaki (6,3 meter).

5. Ikan Lele terbesar di dunia (tertangkap di Thailand):

ikan terbesar

Ini adalah ikan lele (catfish) dengan ukuran paling besar yang pernah tertangkap dalam sejarah. Lele ini ditangkap di Thailand dengan ukuran panjang lebih dari 9 kaki (sekitar 2,7 meter). Setelah tertangkap, Lele ini oleh warga desa di Thailand dicoba untuk dipelihara, akan tetapi karena ternyata cukup sulit, akhirnya ikan ini pun mati.

6. Ikan Pari (Stingray) terbesar di dunia (Thailand):

ikan terbesar

Bisa dikatakan ikan ini adalah salah satu ikan terbesar yang paling menakjubkan. Ini adalah ikan pari raksasa yang pernah tertangkap di Thailand dengan berat lebih dari 564 pound (253 kg). Dibutuhkan waktu 90 menit untuk mengeluarkan pari raksasa ini dari air. Gak terpikir bagaimana cara mereka melakukannya?

7. Ikan Salmon terbesar di dunia (tertangkap di California):

ikan terbesar

Ikan salmon paling besar tertangkap di perairan California ini memiliki panjang 51 inchi dengan berat lebih dari 80 pound (36 kg). Normalnya salmon mempunyai berat sekitar 20 sampai 30 pound (9 - 13,5 kg).

8. Ikan Marlin (Tuna) terbesar di dunia (tertangkap di Hawaii):

ikan terbesar

Marlin adalah salah satu jenis ikan tuna. Dilaporkan ikan tuna marlin terbesar pernah tertangkap di Kona, Hawaii pada tahun 1984. Ikan marlin tersebut adalah dari jenis marlin biru Pacifik dengan berat 1.656 pound (745 kg) dan panjang 17 kaki (5,1 meter). Dengan ukuran sebesar itu, maka tidak aneh dibutuhkan waktu 2 jam untuk menariknya menggunakan pancing tuna dari dalam air.

9. Kepiting Raja (King Crab) terbesar di dunia (tertangkap di Samudera Pasifik):

ikan terbesar

King crab adalah rajanya kepiting. Dalam kondisi normal saja king crab adalah kepiting yang memiliki ukuran paling besar di antara para kepiting. Seperti apa ukurannya bila ada king crab dengan ukuran super besar. King crab paling besar pernah tertangkap di bagian Utara Samudera Pasifik, memiliki berat sekitar 33 pound (sekitar 15 kg).

10. Lobster terbesar di dunia (tertangkap di Maine):

ikan terbesar

Lobster ini tertangkap di lepas pantai Maine dengan berat sekitar 27 pound (12,150 kg). Kira-kira berat losbter ini hampir sama dengan ukuran balita berumur tiga tahun.

11 Responses to "10 Gambar Ikan Terbesar di Dunia"

  1. besar banget,,,,
    bagus banget artikelnya ,,,

    BalasHapus
  2. Wowww...Ikan Paus Kalah Besar Ya....

    BalasHapus
  3. Itu bukan ikan lele melainkan ikan Patin

    BalasHapus
  4. Thanks informasinya sangat bermanfaat sekali,....

    BalasHapus
  5. Wow. Besar banget ikan-ikannya. Bisa dimakan ga tuh?

    BalasHapus
  6. Enak nggak ya kalo di makan ? wkkwkk

    BalasHapus
  7. Waw, jalan-jalan di google nemu artikel yang aku cari, terima kasih banyak ya, ini membantu saya dalam menambah pengetahuan. Itu ikan salmon yang nomor 7, nangkap bagaimana ya? besar sekali ikannya http://itusemua.com/2015/08/05/keunikan-pintu-kabah/

    BalasHapus

wdcfawqafwef