Mas Koki Fantail

mas koki fantail
Ikan Hias - Mas Koki Fantail - Mas koki fantail adalah mas koki yang dicirikan dengan ekornya yang menyerupai kipas, oleh karena itu disebut juga sebagai mas koki ekor kipas. Mas koki asal jepang ini oleh penggemar mas koki di luar jepang sering disebut dengan japanese fantail. Jenis mas koki ini aslinya berasal dari China, dan pertama kali masuk ke jepang melalui kepulauan Ryukyu (gugusan pulau milik jepang terletak di antara Taiwan dan Jepang). Dari Ryukyu, mas koki ini dibawa ke Kagoshima sekitar tahun 1772-1781. Karena dianggap berasal dari Ryukyu, masyarakat Jepang menyebut mas koki ekor kipas ini Ryukin.

mas koki fantail
Di Jepang, fantail menduduki urutan kedua sebagai maskoki tersohor setelah Lionhead (mas koki kepala singa). Tubuhnya pendek dan berbentuk bulat seperti telur. Ekornya bersirip kembar dan berbentuk mekar memanjang menyerupai ekor mas koki veiltail (mas koki Tosa = mas koki ekor rumbai). Memiliki sirip punggung berbenutuk tegak. Terdapat masing-masing dua sirip dada dan sirip anus.

mas koki fantail
Belakangan ini di pasaran banyak ditemukan mas koki fantail dengan bentuk ekor yang pendek. Maskoki ini merupakan jenis yang umum saat ini. Mas koki fantail jenis ini telah banyak dibudidayakan dan termasuk jenis mas koki yang mudah dijual.

mas koki fantail
Selain fantail berekor pendek, di kawasan Yamagata, Jepang, telah lahir jenis mas koki fantail berekor tunggal, menyerupai ekor ikan mas atau mujair. Maskoki jenis baru ini kerap disebut yamagata, karena lahir di Yamagata. Keunggulan dari mas koki ini adalah tahan hidup pada air bersuhu lebih rendah. Selama pemeliharaan mas koki fantail sangat cocok ditempatkan di kolam taman atau kolam halaman belakang rumah.

Baca juga artikel menarik tentang Mas koki lainnya:

0 Response to "Mas Koki Fantail"

Posting Komentar

wdcfawqafwef