Asal Usul Ikan Hias Mas Koki

mas koki
Ikan Hias - Asal Usul Ikan Hias Mas Koki - Dari manakah ikan mas koki berasal ? Dari negeri China. Demikian disepakati para ahli yang menulisnya di buku-buku yang mengupas tentang mas koki. Tidak ada pihak yang membantah pendapat tersbut.

Berdasarkan penelitian kromosom, spesies ikan yang ditemukan di Cina yang masih berhubungan erat dengan mas koki. nama ikan itu karper crucian (Crucian Carp). Bentuk karper crucian menyerupai ikan mas yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia. Perbedaannya, karper crucian tidak memiliki misai, sedangkan ikan mas memiliki sepasang misai pada mulutnya.

mas koki
Karper Crusian (Crucian Carp),
nenek moyang maskoki
Kata para ahli, karper crucian inilah yang sebenarnya disebut ikan mas atau goldfish dalam bahasa inggris. Sedangkan ikan mas yang terdapat di Indonesia tak lain adalah karper. Nama ikan mas untuk karper lazim digunakan pendusuk di Jawa, khsusunya di Jawa Timur.

Adanya pertalian kromosom itu, para ahli yakin bahwa karper crucian-lah yang merupakan asal muasal mas koki. Kalau kini tidak ada lagi persamaan bentuk antara mas koki dan karper krusian, penyebabnya adalah sudah terjadi mutasi dan kawin silang pada turunannya.

Sebagai ikan hias akuarium, mas koki termashur di seluruh dunia, terutama di Cina, Jepang, Amerika, dan Eropa.

Baca juga artikel menarik tentang Mas koki lainnya:

=> Ikan Hias Mas Koki di Negeri Cina
=> Sejarah Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Negeri Jepang 
=> Penyebaran Ikan Hias Mas Koki di Eropa dan Amerika
=> Perkembangan Usaha Pemeliharaan Mas Koki di Indonesia
=> Nama Ilmiah Mas Koki, Mana yang Benar ?

Artikel Menarik Lainnya