Mas Koki Wakin

mas koki wakin
Mas Koki Wakin - Jenis mas koki yang dijuluki oleh orang Jepang dengan nama mas koki wakin ini sebetulnya mas koki biasa (common goldfish). Disebut mas koki wakin, karena bentuk fisiknya belum banyak berubah. Penampilannya masih seperti karper krusian, cikal bakal ikan mas koki.

mas koki wakinJika karper krusian berbentuk memanjang dan langsing, wakin memiliki tubuh agak bundar. Panjang 17,5-20 cm. Ekor ikan koki wakin lebih lebar dan panjang. Bila memperhatikan peta genetika yang dibuat oleh Dr. Matsui, dapat dilihat bahwa wakin merupakan mutasi langsung karper krusian merah.

Ketika kecil, mas koki wakin memiliki paduan warna antara kecokelatan, biru dan hitam. Paduan warna itu lebih dikenal sebagai warna besi. Pada perkembangannya, secara bertahap warna itu berubah menjadi kuning, oranye, putih, atau belang oranye dan putih.

mas koki wakin
Salah satu sifat khas koki wakin adalah gerakannya yang lincah dan atraktif. Ikan ini kurang cocok dipelihara dalam akuarium bersama dengan jenis mas koki yang bergerak lamban dan tenang seperti veiltail (koki tosa), lion head (kepala singa). Kalau dipaksakan dicampur, maka sirip dan mata mas koki yang bergerak lamban akan rusak akibat sering "dicolek" mas koki wakin. Mas koki wakin juga suka memonopoli pakan, akibatnya pasangannya yang bersifat lamban kemungkinan menjadi kurus akibat kurang makan.

mas koki wakin
Mas koki Wakin lahir di China. Ikan ini masuk ke Jepang melalui daerah Sakai, sebuah kota dekat Osaka, Jepang. Orang Jepang sangat menyukai mas koki wakin karena tubuhnya yang gagah. Warna merah yang dominan di tubuhnya merupakan simbol pada acara perayaan tradisional Jepang. Mas koki wakin sangat cocok untuk dipelihara di kolam ikan hias yang berada di taman.

Baca juga artikel menarik tentang Mas koki lainnya:

0 Response to "Mas Koki Wakin"

Posting Komentar

wdcfawqafwef