JURNAL : Uji Biokimia Serta Uji Indeks Anti-Mikrobial Asap Cair Tempurung Kelapa terhadap Isolat Bakteri dari Ikan Lele Dumbo (Clarias sp)

Jurnal Penelitian Perikanan - Uji Biokimia Serta Uji Indeks Anti-Mikrobial Asap Cair Tempurung Kelapa terhadap Isolat Bakteri dari Ikan Lele Dumbo (Clarias sp) - ABSTRAK : Salah satu syarat pemeriksaan untuk menyatakan komoditas ikan bebas Hama dan Penyakit Ikan Karantina adalah melalui pemeriksaan parasit berupa bakteri. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menjaga komoditas agar tetap memenuhi syarat baik konsumsi maupun non-konsumsi.

Untuk menentukan apakah bakteri pada komoditi berupa parasit atau tidak maka pertama harus dilakukan identifikasi untuk mengetahui spesies bakteri di mana prinsipnya berdasarkan pada metabolismenya terhadap beberapa senyawa kimia tertentu. Sedangkan untuk uji indeks anti-mikrobial dilakukan untuk mengetahui keefektifan teknik pengasapan yang biasa diterapkan masyarakat untuk pengawetan komoditi ikan khususnya ikan Lele Dumbo (Clarias sp). Uji ini dilakukan dengan cara menempatkan cakram berisi asap cair pada hasil kulturisasi bakteri dalam media Tryptone Soya Agar dan dihitung diameter zona hambatnya. Dari hasil pemeriksaan diperoleh hasil isolasi dan identifikasi bakteri dari daging ikan Lele Dumbo (Clarias sp) adalah bakteri Aeromonas sp, Pseudomonas sp dan Clostiridium sp. sedangkan untuk uji indeks anti-mikrobial asap cair tempurung kelapa didapatkan hasil untuk bakteri Aeromonas sp adalah 5, Pseudomonas sp adalah 3 dan Clostiridium sp adalah 1.25.

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL : Uji Biokimia Serta Uji Indeks Anti-Mikrobial Asap Cair Tempurung Kelapa terhadap Isolat Bakteri dari Ikan Lele Dumbo (Clarias sp)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef