JURNAL : Karakterisasi Kitin dan Kitosan Asal Limbah Rajungan Cirebon Jawa Barat

Jurnal Penelitian Perikanan - Karakterisasi Kitin dan Kitosan Asal Limbah Rajungan Cirebon Jawa Barat - ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi kitin dan kitosan asal limbah rajungan hasil samping proses industri pengalengan daging rajungan Cirebon. Tahap awal penelitian meliputi produksi tepung kitin dari cangkang rajungan. Tahap berikutnya adalah produksi dan karakterisasi kitin dan kitosan.

Karakteristik kitin dan kitosan meliputi kelarutan, derajat deasetilasi, viskositas intrinsik dan berat molekul. Derajat deasetilasi dianalisis dengan menggunakan First Derivative Ultra Violet Spektrofotometry, viskositas intrinsik dengan viskometer Ubbelohde, dan berat molekul berdasarkan persamaan Mark-Houwink.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kitin dan kitosan yang meliputi kelarutan, derajat deasetilasi, viskositas intrinsik dan berat molekul masing-masing adalah 28%, 39,02%, 8,57 ml/g, 11 x 103 dan 79,39%; 70,70%; 6,93 ml/g dan 8,75 x 103. Karakteristik kitosan yang dihasilkan sesuai untuk aplikasi dalam bidang pangan.


Kata kunci: karakterisasi, kitin, kitosan
teks lengkap >>

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

1 Response to "JURNAL : Karakterisasi Kitin dan Kitosan Asal Limbah Rajungan Cirebon Jawa Barat"

wdcfawqafwef