JURNAL : Screening Bakteri Penghambat untuk Bakteri Penyebab Penyakit pada Budidaya Ikan Kerapu dari Perairan Banten dan Lampung

Jurnal Penelitian Perikanan - Screening Bakteri Penghambat untuk Bakteri Penyebab Penyakit pada Budidaya Ikan Kerapu dari Perairan Banten dan Lampung - Abstrak : Penelitian mengenai screening bakteri penghambat untuk bakteri patogen pada budidaya ikan kerapu telah dilakukan selama tahun 2005 di Laboratorium Mikrobiologi Laut Puslit Oseanografi LIPI. Pada penelitian ini telah dilakukan uji tantang terhadap satu strain dan dua isolat bakteri patogen yang terdapat pada budidaya ikan kerapu yaitu Vibrio harveyii, 9.2/Luka/TSA dan 8.2/Luka/TSA.

Uji tantang dilakukan menggunakan metode kertas cakram. Hasil penelitian menunjukkan dari 39 isolat bakteri penghambat dari Banten dan 27 isolat bakteri penghambat dari Lampung hanya dua isolat yang mampu menekan pertumbuhan 3 isolat bakteri patogen tersebut, yaitu 9L/AL-4/ KNG/BLC/BOKN/BJN (unidentified) dan 5L/AL-4/KNG/BJN (unidentified). Kedua isolat tersebut diisolasi dari perairan Bojonegara, Banten.

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL : Screening Bakteri Penghambat untuk Bakteri Penyebab Penyakit pada Budidaya Ikan Kerapu dari Perairan Banten dan Lampung"

Posting Komentar

wdcfawqafwef