Mutasi Mas Koki

Ikan Hias - Mutasi Mas Koki - Keberadaan mas koki yang dapat kita temukan sekarang ini disebabkan oleh mutasi secara besar-besaran, sehingga ikan crucian carp sebagai nenek moyangnya berubah bentuk menjadi mas koki yang dikenal sekarang ini. Kejadiannya sudah lama sekali, diperkirakan sejak 1000 tahun atau 8000 tahun sebelum masehi, yaitu pada zaman Sung di negeri China.

Perubahan bentuk pertama, juga terjadi di negeri ini yang menghasilkan ikan crusian carp pertama yang berwarna merah, tepatnya di distrik Chiang Su Cheng dan Che Chiang Chen. Sulit dilacak kejadian perubahan bentuk ikan ini, karena itu dianggap sebagai evolusi saja. Walaupun begitu tidak mustahil bila perubahan tersebut terjadi oleh akibat radiasi sinar matahari, pengaruh unsur-unsur kimia, atau mungkin juga karena serangan virus.

Menurut Perkiraan mutasi yang terjadi dari crusian carp diawali dengan perubahan warna tubuh menjadi keemasan, maka muncullah turunan pertama yang disebut scarlet crucian yang berwarna merah keemasan.

Proses perubahan warna tubuh ikan ini dimulai dari perubahan warna hitam pada crucian carp menjadi warna kuning berbintik-bintik di selang-seling warna hitam yang masih dominan. Selanjutnya seluruh tubuh ikan berwarna kuning yang berubah cepat menjadi warna oranye. Terakhir oranye berubah kegelapan, hingga warna tubuh ikan menjadi kmerah keemasan.

Penyimpangan warna dapat saja terjadi, hingga warna putih acapkali juga muncul dengan sendirinya, maka tak heran jika muncul individu berbintik putih atau individu berwarna pucat.

Mutasi selanjutnya bersamaan dengan perubahan sirip, yaitu sirip ekor menjadi terbuka. Macam dan bentuk sirip ekor yang terjadi tergantung daya pembentuk sirip, sehingga muncul pula mas koki yang mempunyai sirip ekor berlapis tiga, empat, bahkan tidak mustahil akan dihasilkan maskopki yang siripnya terpisah.

Ras-ras atau jenis-jenis mas koki yang dihasilkan karena mutasi secara alamiah, maupun karena campur tangan manusia dapat dilihat dalam gambar-gambar jenis-jenis mas koki.

Baca juga artikel menarik tentang Mas koki lainnya:

0 Response to "Mutasi Mas Koki"

Posting Komentar

wdcfawqafwef