Uji Toksisitas Limbah MSG (Mono Sodium Glutamat) terhadap Ikan Nila

Uji Toksisitas Limbah MSG (Mono Sodium Glutamat) terhadap Ikan Nila - Judul Asli Jurnal: Uji Toksisitas Limbah Cair MSG (Mono Sodium Glutamat) terhadap Ikan Nila (Tillapia nilotica) di Palur Karanganyar - ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat toksisitas limbah cair MSG dengan menentukan nilai LC50 terhadap ikan nila (Tillapia nilotica), menentukan batas aman limbah cair MSG yang dapat diterima oleh lingkungan dan mengetahui wujud efek toksiknya pada ikan nila.

Pelaksanaan Penelitian: Uji Toksisitas Limbah MSG (Mono Sodium Glutamat) terhadap Ikan Nila


Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan percobaan post test only design menggunakan 6 bejana dengan sampel air limbah MSG di Palur dengan pemberian 6 variasi dosis, yaitu: 0 %, 50 %, 10 %, 15 %, 20 %, dan 25 %.

Pelaksanaan penelitian diawali dengan tahap aklimatisasi hewan uji, kemudian diperlakukan dengan menggunakan konsentrasi bertingkat dan dilakukan dalam waktu 96 jam (empat hari).

Hasil Penelitian: Uji Toksisitas Limbah MSG (Mono Sodium Glutamat) terhadap Ikan Nila


Jumlah hewan uji yang mati diplotkan terhadap logaritma konsentrasi limbah yang diberikan dan didapatkan hubungan positif yang kuat (R2 = 0,9837). Persamaan regresi linier yang didapat digunakan untuk menghitung harga LC50 dan diperoleh 6,31 %. Sedangkan batas konsentrasi limbah yang aman adalah 6,31 x 10-5 ppm.


Kata kunci: uji toksisitas, lc50, limbah cair, msg, ikan nila

baca selengkapnya...

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "Uji Toksisitas Limbah MSG (Mono Sodium Glutamat) terhadap Ikan Nila"

Posting Komentar

wdcfawqafwef