Mas Koki Sisik Mutiara

mas koki
Ikan Hias - Mas Koki Sisik Mutiara - Ikan mas koki sisik mutiara oleh orang Inggris disebut sebagai pearlscale (pearl = mutiara, dan scale = sisik) goldfish. Mas koki sisik mutiara sangat terkenal di kalangan penggemar ikan hias maskoki, karena ciri-ciri sisiknya yang khas.

mas koki
Mas koki sisik mutiara memiliki warna dasar tubuh merah dengan sisik tubuh yang khas. Sisik yang muncul pada permukaan kulit bergerigi seperti buah jagung yang dikupas. Warna tengah sisik putih jernih sehingga tampak seperti jerawat batu. Karena jerawat batunya itulah ia disebut sisik mutiara.

mas koki
Tubuh ikan mas koki mutiara secara umum berbentuk bulat gemuk seperti bola pingpong. Siripnya berjumlah 6 buah dan berukuran pendek, namun belakangan banyak muncul maskoki sisik mutiara berekor agak panjang. Kepalanya mirip kepala ikan mas konsumsi, tetapi lebih pendek.

mas koki
Menurut beberapa literatur, mas koki sisik mutiara lahir di China dan temasuk ragam jenis maskoki yang muncul belakangan. Masyarakat China menjuluki mas koki ini run chiu yu. Namun sayang, tidak diketahui dengan jelas asal-usulnya, apakah ikan hias jenis ini merupakan hasil mutasi silangan.

mas koki
Ada yang mengatakan mas koki sisik mutiara masih satu varietas dengan mas koki fantail (ekor kipas). Memang bentuk sirip ekor sisik mutiara ada yang menyerupai fantail. Namun fakta itu tidak cukup dijadikan dasar untuk menyebut sisik mutiara sebagai turunan fantail. Dewasa ini banyak terdapat mas koki sisik mutiara yang memiliki ekor seperti mas koki kepala singa (lionhead) dan oranda.

Artikel Menarik Lainnya