Indonesia Targetkan Ekspor Udang 2015 Naik 100 Persen

ekspor udang
Indonesia Targetkan Ekspor Udang 2015 Naik 100 Persen - Pemerintah terus memacu devisa ekspor. Salah satunya dengan memacu ekspor komoditas udang meningkat lebih 100 persen pada 2015.
Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan, ekspor udang Indonesia bisa naik lebih dari 100 persen pada 2015. Ekspor udang saat ini diklaim USD3 miliar, ditargetkan pada 2015 menjadi USD7 miliar.

Target Cicip cukup berani. Kenyataanya, saat ini, sejumlah kendala klasik masih mengadang produksi udang dalam negeri, termasuk Sulsel yang selama ini menjadi penghasil. Kendalanya antara lain permodalan, sumber daya manusia dan penyakit yang membuat produksi udang selama ini stagnan.

"Kami targetkan ekspor udang tahun 2015 dapat meningkat dan mencapai USD7 miliar. Berbagai program sudah dicanankan mulai permodalan dan plastikisasi tambak udang yang dapat meningkatkan produksi udang meningkat," ujar Cicip.

Dia mengatakan, beberapa kendala antara lain permodalan petani tambak akan teratasi. "Salah satunya dapat dukungan dari Jamkrindo dan bantuan Kredit Usaha Rakyat per hektare mencapai Rp500 juta. Kredit Komersial dari Jamkrindo bunganya hanya 3 persen," ujar Cicip.

Program plastikisasi kolam tambak sebanyak 135.000 hektare sudah dilaksanakan. "Diharapkan tiap hektare produksi udang petambak bisa ditingkatkan menjadi 5 ton per hektare kalau dalam setahun saja bisa 500 ton," jelasnya.

Tiap 1 hektare tambak udang, sambung dia, memerlukan tenaga kerja 2-3 orang dan dipengolahan 5-8 orang pekerja. "Program ini, dalam setahun selain bisa menghasilkan ekspor udang USD3 miliar, juga menyerap 1 juta tenaga kerja dengan hanya 135 ribu hektare," tuturnya.

0 Response to "Indonesia Targetkan Ekspor Udang 2015 Naik 100 Persen"

Posting Komentar

wdcfawqafwef