Kajian Bioaktif Spons Laut (Porifera: Demospongiae) Suatu Peluang Alternatif Pemanfaatan Ekosistem Karang Indonesia dalam Bidang Farmasi

Jurnal Penelitian Perikanan - Kajian Bioaktif Spons Laut (Porifera: Demospongiae) Suatu Peluang Alternatif Pemanfaatan Ekosistem Karang Indonesia dalam Bidang Farmasi - ABSTRAK : Indonesia merupakan pusat keragaman terumbu karang dunia termasuk didalamnya spons laut. Spons merupakan salah satu komponen biota penyusun terumbu karang yang mempunyai potensi bioaktif yang belum banyak dimanfaatkan. Senyawa bioaktif yang dihasilkan oleh spons laut adalah sebagai antibakteri, antijamur, antitumor, antivirus, antifouling dan menghambat aktivitas enzim.

Kemajuan yang dicapai didalam hal kemampuan sarana analisis kimia dan teknik produksi bahan alam telah memungkinkan pelaksanaan analisis kimia kandungan bioaktif, uji manfaat, keamanaan serta uji mutu untuk standarisasi bahan dan juga pengembangan industri bahan dari sekala laboratorium ke sekala industri. Beberapa kendala yang dihadapi dalam penelitian produk alam laut di Indonesia antara lain: (a) Kurangnya informasi mengenai jenis biota yang ada di Indonesia serta tempat tumbuhnya, (b) Peta penyebaran potensi biota belum ada (c) Fasilitas penelitian dan pakar peneliti tersebar di berbagai lembaga, demikian pula sarana dan prasarana tersebar tidak merata di berbagai lembaga penelitian dan perguruan tinggi (d) kurangnya ahli taksonomi dalam bidang tertentu misalnya spons.

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "Kajian Bioaktif Spons Laut (Porifera: Demospongiae) Suatu Peluang Alternatif Pemanfaatan Ekosistem Karang Indonesia dalam Bidang Farmasi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef