JURNAL: Peningkatan Keberhasilan Pembentukan Monosex Jantan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) Melalui Pemberian Hormon Metiltestosteron dengan Lama Perendaman yang Berbeda

Jurnal Penelitian Perikanan - Peningkatan Keberhasilan Pembentukan Monosex Jantan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) Melalui Pemberian Hormon Metiltestosteron dengan Lama Perendaman yang Berbeda - ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh hormon metiltestoteron dengan lama perendaman yang berbeda terhadap keberhasilan pembentukan monosex jantan lobster air tawar (Cherax quadricarinatus). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan lama perendaman hormon metiltestosteron yang berbeda, yaitu perlakuan A = lama perendaman 0 jam, B = lama perendaman 12 jam, C = lama perendaman 18 jam, D = lama perendaman 24 jam, dan E = lama perendaman 30 jam. Analisa data menggunakan analisa keragaman (ANOVA) dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian hormon metiltestosteron dengan lama perendaman yang berbeda berpengaruh nyata terhadap keberhasilan pembentukan kelamin jantan lobster air tawar. Rata-rata persentase jantan tertinggi diperoleh pada perlakuan E (lama perendaman 30 jam) yaitu sebesar 91,53% dan persentase terendah pada perlakuan A (lama perendaman 0 jam) yaitu sebesar 54,55%. Sedangkan untuk perlakuan B (lama perendaman 12 jam) menghasilkan persentase jantan 86,16%, perlakuan C (lama perendaman 18 jam) sebesar 85,52%, dan perlakuan D (lama perendaman 24 jam) sebesar 84,80%. Disimpulkan bahwa pemberian hormon metiltestosteron dengan lama perendaman yang berbeda memberikan pengaruh yang nyata terhadap pembentukan monosex jantan lobster air tawar, yaitu dengan perlakuan terbaik pada lama perendaman 30 jam.

Kata kunci: Lobster Air Tawar; Hormon Metiltestosteron; Monosex Jantan
teks lengkap >>

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL: Peningkatan Keberhasilan Pembentukan Monosex Jantan Lobster Air Tawar (Cherax quadricarinatus) Melalui Pemberian Hormon Metiltestosteron dengan Lama Perendaman yang Berbeda"

Posting Komentar

wdcfawqafwef