JURNAL: Studi Pembuatan Pakan Ikan dari Campuran Ampas Tahu, Ampas Ikan, Darah SAPI Potong dan Daun Keladi yang Disesuaikan dengan Standar Mutu Pakan Ikan

Jurnal Perikanan - Studi Pembuatan Pakan Ikan dari Campuran Ampas Tahu, Ampas Ikan, Darah SAPI Potong dan Daun Keladi yang Disesuaikan dengan Standar Mutu Pakan Ikan - ABSTRAK: Telah dilakukan penelitian mengenai pembuatan pakan ikan berupa pelet dari bahan baku campuran ampas tahu, ampas ikan , darah sapi, dan daun keladi. Pelet ikan yang diperoleh dari pencampuran 25 g tepung ampas tahu, 25 g tepung ikan, 25 g tepung daun, 20 g tepung darah, dan 5 g tepung tapioka sebagai perekat.

Campuran diolah dan dicetak dengan diameter 3 mm berbentuk silinder lalu dikeringkan dalam oven 60 0C, di mana pelet yang diperoleh dapat mengapung di atas permukaan air  10 menit. Dilakukan karakterisasi terhadap pelet ikan yang diperoleh meliputi kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar serat kasar, dan kadar mineral. Hasil karakterisasi dari pelet ikan dapat disimpulkan sebagai berikut: kadar protein 31,1925%, lemak 6,0102%, gula reduksi 4,4033%, serat kasar 4,8290%, kadar Ca 0,16%, Na 0,0029%, Mg 0,0076%, dan Fe 0,0285%.

Kata kunci: Pakan Ikan, Pelet, Hidrolisa
teks lengkap..

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL: Studi Pembuatan Pakan Ikan dari Campuran Ampas Tahu, Ampas Ikan, Darah SAPI Potong dan Daun Keladi yang Disesuaikan dengan Standar Mutu Pakan Ikan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef