JURNAL: Validasi Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) untuk Penentuan Kadar Residu Kloramfenikol dalam Jaringan Ikan Mas (Cyprinus carpio)

Jurnal Perikanan - Validasi Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) untuk Penentuan Kadar Residu Kloramfenikol dalam Jaringan Ikan Mas (Cyprinus carpio) - ABSTRAK: Telah dikembangkan metode penentuan kadar residu kloramfenikol dalam ikan mas (Cypri carpio) dengan kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT). Pengembangan metode analisa dilakukan dengan menggunakan kolom Lichrosper C-18 5 μm (125 x 4 mm), laju alir 1-2 mL/menit, detektor ultraviolet pada 279 nm, dan fase gerak air:metanol (75:25).

Hasil penelitian menunjukkan waktu retensi kloramfenikol adalah 10 menit, kurva kalibrasinya menunjukkan hubungan yang linier dengan rentang konsentrasi 0-25 bpj, koefisien korelasi r = 0,9999, persamaan regresi y = 12387,35x + 1177,12, batas deteksi 0,24 bpj, batas kuantitasi 0,80 bpj, dan perolehan kembali adalah 85,54%.

Kata kunci: residu kloramfenikol, ikan mas, Cypri carpio, kromatografi cair kinerja tinggi (KCKT)
teks lengkap..

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL: Validasi Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) untuk Penentuan Kadar Residu Kloramfenikol dalam Jaringan Ikan Mas (Cyprinus carpio)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef