JURNAL: Penggunaan Ekstrak Hipofisa Ternak untuk Merangsang Spermiasi pada Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)

Jurnal Penelitian Perikanan - Penggunaan Ekstrak Hipofisa Ternak untuk Merangsang Spermiasi pada Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) - RINGKASAN: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari penggunaan ekstrak hipofisa ternak (sapi, kerbau, dan domba) untuk merangsang spermiasi pada ikan mas (Cyprinus carpio L.) dan dilaksanakan di Bogor.

Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan empat macam perlakuan, yaitu : ikan dengan penyuntikan tanpa ekstrak hipofisa ternak sebagai kontrol (A), ikan dengan penyuntikan masing-masing sebanyak 50 mg/kg berat ikan ekstrak hipofisa sapi (B), kerbau (C) dan domba (D). Masing-masing perlakuan diulang empat kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuntikan ekstrak hipofisa sapi ternyata dapat meningkatkan (P<0,05) volume mani dan jumlah spermatozoa ikan, tetapi secara nyata menurunkan (P<0,05) konsentrasi spermatozoa. Penyuntikan hipofisa kerbau dan domba meningkatkan volume mani (P>0,05) dan jumlah spermatozoa (P<0,05) ikan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan ekstrak hipofisa sapi, kerbau dan domba dapat merangsang spermiasi pada ikan mas (Cyprinus carpio L).

Kata kunci : Hipofisa, volume mani, konsentrasi spermatozoa, jumlah spermatozoa, ikan
teks lengkap >>

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL: Penggunaan Ekstrak Hipofisa Ternak untuk Merangsang Spermiasi pada Ikan Mas (Cyprinus carpio L.)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef