Perikanan

perikanan
Budidaya Ikan - Perikanan - Perikanan merupakan suatu kegiatan manusia yang terorganisir yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perairan. Berdasarkan Undang-Undang tentang Perikanan No. 31 tahun 2004, yang dimaksud dengan perikanan adalah setiap kegiatan untuk mengelola dan memanfaatkan sumberdaya perairan yang dilakukan dalam suatu sistem usaha perikanan (agribisnis perikanan / aquabusiness) dimulai dari pra-produksi, produksi, pengolahan, hingga pemasaran.

perikanan
Pada awalnya perikanan bertujuan untuk menyediakan sumber pangan bagi manusia, tetapi pada perkembangannya perikanan dapat pula ditujukan untuk menghasilkan produk non-pangan dan industri. Contoh: ikan hias, olahraga atau rekreasi memancing, produk olahan ikan seperti minyak ikan, produk perhiasan seperti mutiara. Pengertian industri perikanan adalah perikanan di mana hasil produksinya tidak dimaksudkan untuk konsumsi manusia secara langsung.

perikanan
Fokus dari perikanan pada awalnya adalah ikan, tetapi pengertian perikanan kemudian diperluas mencakup semua sumberdaya hayati perairan, seperti invertebrata air seperti kerang-kerangan, krustasea, dan echinodermata, cumi-cumi dan bahkan amfibi (katak), reptil (penyu), dan mamalia laut (anjing laut dan ikan paus). Di antara sumberdaya perairan yang umum tergolong moluska yang merupakan target dari perikanan adalah kerang, remis, tiram, dan kijing, dan beberapa golongan cepalopoda yang dapat dimakan, seperti cumi-cumi, gurita, dan sotong. Sedangkan dari golongan krustasea yang populer adalah udang air tawar, udang laut, lobster, kepiting, dan udang karang, dan dari golongan echinodermata, yang merupakan produk populer di Asia adalah teripang dan bulu babi.

perikanan
Usaha perikanan adalah segala usaha yang dilakukan baik oleh perorangan maupun badan usaha melalui penangkapan ataupun budidaya ikan, termasuk di dalamnya kegiatan penyimpanan, pendinginan dan pengawetan ikan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah (added value) produk.

Usaha perikanan terdiri dari perikanan tangkap dan perikanan budidaya:

Perikanan Tangkap:

    perikanan
  • Perikanan tangkap adalah kegiatan usaha perikanan dengan cara menangkap atau mengumpulkan ikan dan jenis-jenis sumberdaya hayati perairan lainnya yang memiliki nilai ekonomis.
  • Sedangkan penangkapan ikan adalah bagian dari perikanan tangkap, merupakan kegiatan untuk memperoleh ikan yang tidak dalam keadaan dibudidayakan di perairan, dengan alat atau dengan metode penangkapan apapun.

 Perikanan Budidaya:

    perikanan
  • Perikanan budidaya atau dikenal juga sebagai budidaya perairan (Akuakultur) adalah usaha perikanan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perikanan melalui kegiatan budidaya (aquaculture).
  • Sedangkan budidaya ikan adalah kegiatan usaha perikanan yang dapat berupa pemeliharaan, pembesaran atau pembenihan ikan yang dilakukan dalam suatu lingkungan terekayasa dan terkontrol.

perikanan
Perikanan memberikan peluang bagi manusia suatu kemampuan untuk memanfaatkan sumber daya hayati, baik air tawar maupun laut untuk kepentingan kesejahteraan manusia. Akan tetapi saat ini manusia telah mampu menciptakan teknologi perikanan yang lebih efisien, yang dengan teknologi tersebut menyebabkan manusia dapat mengeksploitasi sumberdaya alam secara berlebihan, yang dapat mengakibatkan banyak spesies perikanan yang dieksploitasi menjadi terancam punah.

Artikel Menarik Lainnya