Partenogenesis Telur Ikan Mas Menggunakan Ethanol 7% dan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) 200 µM

telur
Jurnal Penelitian Perikanan - Partenogenesis Telur Ikan Mas Menggunakan Ethanol 7% dan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) 200 µM - Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) dan ethanol 7% untuk aktivasi telur ikan mas. Telur ikan mas (Cyprinus carpio) diaktivasi secara buatan. Pelaksanaan aktivasi telur ikan mas dilakukan dengan cara merendam telur ikan mas dalam 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) ( konsentrasi 200µM) dan ethanol (konsentrasi7%).

Telur ikan mas direndam dalam aktivator Ethanol 7% dan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) 200 µM, masing-masing selama lima, sepuluh, tigapuluh dan enampuluh menit. Pada masing-masing perlakuan, telur-telur ikan mas ditempatkan di dalam wadah berupa akuarium terpisah. Telur ikan mas yang dibuahi (fertilisasi) secara normal dijadikan sebagai kontrol.

Data yang didapat dari penelitian kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data hasil analisis kualitatif kemudian dijabarkan secara deskriptif. Metode analisis data secara kuantitatif dilakukan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap Faktorial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa telur-telur ikan mas yang telah diaktivasi secara buatan menggunakan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) dan ethanol 7% memberikan hasil 100 persen teraktivasi. Pengaruh nyata (p<0,05) pada perkembangan telur ikan mas didapatkan dari perlakuan variasi lama waktu perendaman aktivasi menggunakan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) dan ethanol 7%.

Judul Asli: Penggunaan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) 200 µM dan Ethanol 7% sebagai Aktivator Tunggal Partenogenesis Telur Ikan Mas (Cyprinus carpio)

Oleh: Hery, Novianto
Thesis, Universitas Brawijaya 
Tahun: 2011

Sumber: http://elibrary.ub.ac.id/handle/123456789/27310

0 Response to "Partenogenesis Telur Ikan Mas Menggunakan Ethanol 7% dan 6-dimethylaminopurine (6-DMAP) 200 µM"

Posting Komentar

wdcfawqafwef