JURNAL : Pengaruh Ransum Mengandung Minyak Ikan Lemuru dan Suplementasi Vitamin E terhadap Bobot Badan Akhir, Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Broiler

Jurnal Penelitian Perikanan - Pengaruh Ransum Mengandung Minyak Ikan Lemuru dan Suplementasi Vitamin E terhadap Bobot Badan Akhir, Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Broiler - ABSTRAK : Penelitian mengenai Pengaruh Ransum Mengandung Minyak Ikan Lemuru dan Suplementasi Vitamin E terhadap Bobot Badan akhir, Persentase Karkas dan Lemak abdominal Ayam Broiler. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial 3 X 3. Faktor pertama tingkat penggunaan minyak ikan lemuru (0, 3, dan 6%), faktor kedua tingkat suplementasi vitamin E (0, 100, 200 ppm), setiap perlakuan terdiri dari 4 ulangan.

Setiap ulangan tediri dari enam ekor ayam yang dipelihara dari umur 1 hari sampai 42 hari. Peubah yang diamati adalah bobot badan akhir, persentase karkas dan lemak abdominal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara tingkat minyak ikan lemuru dan suplementasi vitamin E terhadap bobot badan akhir, persentase karkas, dan lemak absdominal ayam broiler, dan pemberian ransum mengandung minyak ikan lemuru sampai dengan tingkat 6% dan suplementasi vitamin E 200 ppm tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap bobot badan akhir, persentase karkas, dan lemak abdominal. Berarti pemberian minyak ikan lemuru sampai 6% dalam ransom tanpa suplementasi vitamin E masih menunjang pertumbuhan ayam broiler selama 42 hari periode pemeliharaan.

Kata kunci : Minyak ikan lemuru, vitamin E, ayam broiler, bobot badan akhir, persentase karkas, lemak abdominal
teks lengkap >>

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "JURNAL : Pengaruh Ransum Mengandung Minyak Ikan Lemuru dan Suplementasi Vitamin E terhadap Bobot Badan Akhir, Persentase Karkas dan Lemak Abdominal Ayam Broiler"

Posting Komentar

wdcfawqafwef