Promosi Produk Ikan Indonesia di European Seafood Exposition 2012 Brussels

european seafood exposition
Promosi Produk Ikan Indonesia di European Seafood Exposition 2012 Brussels - Pengusaha produk perikanan Indonesia mengikuti Pameran Makanan Laut Eropa (European Seafood Exposition) di Brussels, Belgia, 24-26 April 2012.

"Langkah strategis ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha Indonesia dalam memasarkan, memperkenalkan, dan mengembangkan produk perikanan di pasar internasional, khususnya Uni Eropa," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo di Jakarta, Selasa (24/4).

Menurut dia, keikutsertaan Indonesia dalam pameran bertaraf internasional ini guna mempromosikan dan meningkatkan potensi, termasuk untuk penetrasi produk perikanan Indonesia ke pasar Eropa.

"Ini adalah upaya kongkret Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan neraca perdagangan Indonesia, khususnya terkait ekspor produk perikanan," tuturnya.

Sharif berharap para peserta dari Indonesia dapat memanfaatkan peluang dalam pameran makanan laut terbesar di dunia ini. Pameran ini diikuti 1.600 pelaku usaha perikanan dari 140 negara.

"Acara ini merupakan sarana paling efektif di dunia untuk melakukan kegiatan kontak dagang, baik di antara para penjual maupun pembeli di bidang perikanan," katanya.

Sharif lantas mengaku optimistis bahwa produk perikanan Indonesia dapat diandalkan untuk menjadi salah satu pemasok pasar Uni Eropa yang selama ini dikenal ketat.

"Uni Eropa menerapkan persyaratan pasar yang sangat ketat. Khususnya terkait aspek food safety (keamanan pangan) dan sustainability (keberlanjutan)," katanya.

Untuk memenuhi persyaratan Uni Eropa tersebut, berbagai upaya tengah dilakukan oleh KKP bersama perwakilan Indonesia di Brussels (tempat markas besar Uni Eropa), salah satunya dengan mempromosikan usaha pemerintah dalam menangani masalah perikanan di Indonesia.

Beberapa isu utama perikanan di Indonesia yang menjadi perhatian Uni Eropa, antara lain masalah penangkapan ikan yang melanggar hukum. Selain itu juga kelestarian sumber daya ikan, praktik usaha penangkapan ikan yang lebih adil, dan penerapan praktik budidaya yang lebih baik.

Berdasarkan data KKP, Uni Eropa merupakan pasar tujuan ekspor utama ketiga produk perikanan Indonesia dengan pangsa pasar 13 persen. Setelah Amerika Serikat dan Jepang.

0 Response to "Promosi Produk Ikan Indonesia di European Seafood Exposition 2012 Brussels"

Posting Komentar

wdcfawqafwef