Kerapu

kerapu

Budidaya Ikan - Kerapu - Kerapu adalah salah satu jenis ikan laut yang termasuk ke dalam beberapa genus dari subfamili Epinephelinae, famili Serranidae, ordo Perciformes. Ikan kerapu termasuk ke dalam jenis ikan karang.

kerapu

Tidak semua jenis ikan yang termasuk serranidae disebut kerapu; karena keluarga ikan sea bass juga termasuk di dalamnya. Secara umum nama kerapu biasanya diberikan untuk ikan-ikan yang termasuk ke dalam dua genus besar, yaitu: Epinephelus dan Mycteroperca. Selain itu, beberapa spesies yang tergolong ke dalam genus-genus kecil, seperti Anyperidon, Cromileptes, Dermatolepis, Gracila, Saloptia dan Triso juga disebut kerapu. Ikan-ikan yang termasuk ke dalam genus Plectropomus disebut sebagai kerapu karang (coralgrouper). Semua yang termasuk genus ini diklasifikasikan ke dalam subfamili Epiphelinae. Namun, beberapa jenis ikan hamlet (genus Alphestes), ikan hind (genus Cephalopholis), ikan lyretail (genus variola) dan beberapa genus kecil lainnya (Gonioplectrus, Niphon, Paranthias) juga termasuk ke dalam subfamili ini, dan beberapa spesies lainnya dalam genus Serranidae memiliki nama umum yang menggunakan kata "kerapu". Akan tetapi, kata "kerapu" sendiri biasanya digunakan sebagai pengertian umum untuk ikan-ikan yang termasuk dalam subfamili Epinephelinae.

kerapu

Kata "kerapu" berasal dari kata untuk ikan, yang mayoritas meyakini merupakan kata yang berasal dari bahasa Portugis, Garoupa. Asal usul nama ini sendiri dalam bahasa Portugis diyakini berasal dari bahasa asli Amerika Selatan.

kerapu

Di Australia, nama "Groper" digunakan untuk menyebut kerapu untuk beberapa spesies, selain dengan "grouper", seperti kerapu Queensland (Epinephelus lanceolatus). Di Filipina, ikan kerapu dikenal dengan nama ikan “lapu lapu” –untuk daerah Luzon, sementara di Visayas dan Mindanao ikan ini dinamakan dengan ikan “pugapo”. Di Selandia Baru, nama "Groper" mengacu pada jenis ikan “wreckfish”, Polyprion oxygeneios, oleh orang Maori dinamakan dengan “hāpuku”. Di Timur Tengah, ikan ini dikenal sebagai “hammour”, dan secara luas ikan ini dikenal sebagai ikan konsumsi, terutama di kawasan Teluk Persia.

kerapu
Kerapu adalah ikan yang termasuk ke dalam golongan ikan teleostei, biasanya memiliki tubuh kekar dan mulut yang besar. Ikan kerapu tidak memiliki postur sebagai perenang cepat untuk jarak jauh. Kerapu bisa mencapai ukuran tubuh yang sangat besar. Kerapu dengan panjang lebih dari satu meter dan berat mencapai 100 kg adalah hal yang biasa ditemukan, meskipun untuk beberapa kelompok besar spesies sangat bervariasi. Ikan kerapu cenderung makan dengan menelan daripada menggigit mangsanya. Kerapu tidak memiliki banyak gigi pada rahangnya, tetapi memiliki piringan gigi yang berat untuk menghancurkan makanan di dalam pharynx. Kerapu umumnya memakan ikan, gurita, dan krustasea. Mereka cenderung berdiam di dasar untuk menunggu, daripada mengejar mangsanya di perairan terbuka. Berdasarkan catatan seorang pembuat film kehidupan laut, Graham Ferreira, setidaknya ada satu kejadian di Mozambik, di mana seorang manusia terbunuh oleh ikan kerapu.

kerapu

Mulut dan insang ikan kerapu membentuk satu sistem penghisap yang kuat yang mampu menghisap mangsanya dari kejauhan. Kerapu menggunakan mulutnya untuk menggali pasir dasar perairan untuk membangun tempat perlindungan mereka di bawah karang-karang dan kemudian menyemburkannya keluar melalui insang. Otot-otot insangnya yang sangat kuat menjadikannya hampir tidak mungkin untuk menarik keluar ikan ini dari tempat perlindungan, jika mereka merasa diseran, dan memperpanjang otot-otot tersebut untuk mengunci diri mereka di dalam.

kerapu

Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kerapu jenis Plectropomus pessuliferus kadang-kadang bekerja sama dengan ikan moray raksasa dalam berburu.

kerapu

Sebagian besar kerapu memijah di antara bulan Mei dan Agustus. Umumnya ikan kerapu bersifat hermafrodit protogeni monoandri, yaitu menjadi dewasa hanya sebagai betina dan akan berubah kelamin pada saat kerapu mencapai matang kelamin. Kerapu dapat mencapai pertumbuhan sekitar satu kilogram per tahun dan umumnya mencapai konidisi matang kelamin pada saat berukuran tiga kilogram. Kerapu jantan berukuran paling besar mengendalikan tiga sampai dengan lima belas kerapu betina sebagai pasangan memijahnya. Kerapu seringkali memijah secara berpasangan, yang mengakibatkan induk jantan berukuran besar bersaing dan mengalahkan induk jantan lebih kecil dalam berkembang biak. Sehingga bila kerapu betina berukuran kecil telah berubah kelamin menjadi jantan sebelum mampu mengendalikan pasangannya, maka kemampuannya sebagai pejantan akan rendah. Jika induk kerapu jantan yang memadai tidak tersedia, maka kerapu betina berukuran paling besar yang dapat meningkatkan kemampunnya dengan mengubah kelamin yang akan menggantikannya.

kerapu

Beberapa ikan kerapu bersifat gonohoristik. Gonohorisme, atau strategi reproduksi dengan dua jenis kelamin yang berbeda, telah berkembang secara mandiri pada kerapu setidaknya sebanyak lima kali. Evolusi gonohorisme berrkaitan dengan kelompok kerapu yang memijah di rerimbunan penutup habitat. Kelompok pemijahan dan penutup habitat mampu meningkatkan kemungkinan kerapu jantan yang lebih kecil untuk bereproduksi di hadapan induk kerapu jantan berukuran besar. Kebugaran kerapu jantan dalam lingkungan di mana pengecualian kompetitif tidak memberikan peluang pada kerapu jantan lebih kecil, berkorelasi dengan produksi sperma dan ukuran testis. Kerapu dengan sifat gonochoristic memiliki ukuran testis lebih besar daripada ikan kerapu protogeni (10% berbanding 1% dari bobot tubuh), menunjukkan bahwa evolusi gonochorisme meningkatkan kebugaran kerapu jantan dalam lingkungan di mana kerapu jantan besar tidak bersaing dengan mengecualikan kerapu jantan berukuran lebih kecil untuk berkembang biak.

kerapu

Sebagian besar ikan kerapu adalah ikan konsumsi yang cukup penting, dan beberapa dari jenis kerapu tersebut sekarang mulai dibudidayakan. Tidak seperti halnya dengan kebanyakan spesies ikan lainnya yang dipasarkan dalam kondisi dingin atau beku, ikan kerapu biasanya dijual langsung ke pasar dalam kondisi hidup. Banyak spesies kerapu yang populer dijadikan ikan laut pancingan. Beberapa spesies kerapu pada saat berukuran kecil dijadikan sebagai ikan hias di akuarium, meskipun beberapa species kerapu kecil cenderung akan tumbuh lebih cepat.

kerapu

Satu surat kabar melaporkan bahwa kerapu seberat 180 kg tertangkap di lepas pantai perairan dekat Pulau Sembilan di Selat Malaka pada Selasa, 15 Januari 2008.

kerapu
Koran Shenzhen melaporkan bahwa kerapu dengan panjang 1,8 meter telah menelan hiu karang Whitetip berukuran 1,0 meter di akuarium Fuzhou Sea World.

kerapu

Pada bulan September 2010, surat kabar Kosta Rika telah melaporkan tertangkapnya kerapu berukuran 2,3 meter di Cieneguita, Limón. Ikan kerapu tersebut mempunyai bobot 250 kg dan ditangkap menggunakan pancing dengan satu kilogram umpan.

Artikel Menarik Lainnya