Ikan Air Tawar

ikan air tawar

Budidaya Ikan - Ikan Air Tawar - Ikan air tawar adalah jenis ikan yang menjalani sebagian atau seluruh siklus hidupnya di habitat air tawar. Habitat air tawar yang banyak didiami oleh ikan-ikan air tawar adalah sungai, danau, lebak, lebung, dan rawa-rawa atau habitat lainnya yang digolongkan perairan tawar dengan kadar garam di bawah 0,5ppt. Berdasarkan sifat fisika kimianya, habitat air tawar memiliki perbedaan dengan habitat perairan laut, terutama dalam hal kadar garam (salinitas). Ikan air tawar beradaptasi secara fisiologis terhadap perbedaan tekanan osmosis tubuh dan perairan tawar dengan mengatur keseimbangan konsentrasi elektrolit di dalam tubuhnya.

ikan air tawar

Sebagaimana diketahui bahwa kurang lebih 41% spesies ikan adalah ikan air tawar. Hal ini dikarenakan spesiasi (proses evolusi dimana spesies biologis baru muncul) ikan air tawar yang cepat yang menyebabkan perairan tawar yang terpencar-pencar menjadi habitat yang dapat didiami.

ikan air tawar

Dalam beberapa aspek fisiologis ikan air tawar tidak sama dengan ikan laut. Ikan air tawar memiliki insang yang mampu melakukan difusi air bersamaan dengan mengatur konsentrasi salinitas cairan tubuh. Hal penting juga terjadi pada adaptasi sisik ikan air tawar. Ikan air tawar yang mengalami banyak kehilangan atau kerusakan sisik akan mengalami tekanan osmosis yang besar dari air di luar tubuh melalui kulit, sehingga akan terjadi kandungan air yang berlebih di dalam tubuh ikan air tawar, dan hal ini dapat mengakibatkan kematian ikan.

ikan air tawar

Ikan air tawar memiliki ginjal yang berkembang lebih baik daripada ikan laut. Karena banyak air yang diserap untuk penyesuaian salinitas pada proses osmosis, menyebabkan ginjal ikan air tawar mempunyai ukuran yang lebih besar.

ikan air tawar

Terdapat juga spesies ikan yang bersifat anadrom, yaitu spesies ikan yang melakukan pemijahan di air tawar kemudian melanjutkan siklus hidupnya di perairan laut. Contoh ikan anadrom adalah ikan salmon dan trout. Ada juga beberapa jenis ikan yang bersifat sebaliknya, yaitu lahir dan menjalani fase larva di laut, tetapi pada saat dewasa hidup di air tawar, contohnya ikan sidat. Ikan-ikan jenis ini dikenal sebagai ikan katadrom.

0 Response to "Ikan Air Tawar"

Posting Komentar

wdcfawqafwef