Mas Koki Mata Teleskop (Telescope Eye Goldfish)

mas koki teleskop
Mas koki mata teleskop (Telescope Eye Goldfish), atau mas koki Demekin, atau mas koki Moor adalah jenis ikan mas koki yang memiliki ciri matanya yang menonjol. Mas koki teleskop berasal dari China, dan diperkirakan mulai masuk ke Jepang sekitar tahun 1895. Diduga maskoki teleskop merupakan jenis fantail (ryukin). Ikan mas koki ini juga dikenal sebagai mas koki globe eye atau dragon eye (mata naga).

Mas koki mata teleskop memiliki bentuk mata mecuat ke luar seperti orang yang sedang menggunakan teleskop. Pada waktu ikan maskoki ini masih kecil matanya berbentuk normal. Setelah mencapai umur tiga bulan, matanya mulai berubah menjadi “teleskop”. Perubahan bentuk mata itu berkembang seiring dengan pertumbuhan badannya.

Perubahan bentuk mata pada maskoki ini terkadang hanya terjadi pada sebelah mata, sedangkan yang lain tetap normal. Maskoki teleskop seperti ini bermutu jelek, sehingga tidak begitu laku dijual.

mas koki demekin
Selain matanya yang menonjol keluar, maskoki demekin ini sesungguhnya mirip dengan mas koki Ryukin. Maskoki mata teleskop memiliki tubuh yang menurun ke bawah dan sirip yang panjang menjuntai. Mas koki mata teleskop dapat ditemukan dengan warna tubuh merah, merah-putih, kaliko, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-biru dan warna hitam. Ikan hias ini juga memiliki sisik nacreous atau metalik. Mas koki mata teleskop dapat tumbuh dengan ukuran cukup besar.

Varietas Mas Koki Mata Teleskop

Ada tiga varietas mas koki teleskop yang terdapat di kalangan pecinta mas koki, yaitu mas koki aka demekin, kuro demekin, dan shankou demekin. Aka demekin adalah mas koki teleskop merah, juga dikenal sebagai si mata bundar merah metalik. Kuro demakin adalah mas koki teteskop hitam, juga lazim disebut si hitam pekat karena warna tubuhnya hitam. Shankou demekin adalah mas koki kaliko yang corak warna tubuhnya berwarna-warni.

Demekin hitam juga dikenal sebutan sebagai mas koki Moor, seperti moor hitam dan moor panda.

Perawatan Khusus Mas Koki Mata Teleskop

Karena mas koki teleskop memiliki penglihatan yang kurang baik, maka ikan-ikan ini tidak boleh dicampur dengan ikan mas koki jenis lainnya yang lebih aktif, dan tidak boleh ditempatkan di dalam akuarium yang terdapat benda tajam atau runcing di dalamnya.

0 Response to "Mas Koki Mata Teleskop (Telescope Eye Goldfish)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef