Harga Ikan Paling Mahal di Dunia 2017

Mau tahu harga ikan paling mahal yang pernah terjual di dunia tahun ini? Kalau ya, jawabannya adalah ikan tuna bluefin ! Ya.. ikan tuna jenis bluefin atau ikan tuna sirip biru ini adalah ikan dengan harga paling mahal yang pernah terjual di Jepang, dan merupakan harga ikan termahal di dunia untuk tahun 2017.

ikan paling mahal di dunia

Di jepang pada hari Sabtu pagi sekitar pukul 05.00 waktu setempat, seekor ikan tuna sirip biru dengan berat sekitar 222 kilogram terjual di pasar Tsukiji Tokyo dengan harga 155.400.000 Yen, atau sekitar 1,8 juta dolar, pada lelang tahun baru tahunan yang diadakan pada 5 January 2017. Kantor berita nasional Jepang NHK melaporkan bahwa harga itu sama dengan 8.000 dollar per kilo tuna, yang menjadikan daging ikan tuna yang dikenal mempunyai cita rasa lezat ini kurang lebih delapan kali lebih mahal dari harga perak. Dan harga ini merupakan harga ikan termahal sepanjang sejarah di pelelangan ikan tersebut.

"Harga ini memang cukup mahal," kata Kiyoshi Kimura si pemenang lelang ikan tersebut kepada Kantor Berita Kyodo. "Tapi saya berharap hal ini bisa mendorong Jepang untuk tetap dapat menyediakan tuna dengan kualitas terbaik." Kimura mengoperasikan beberapa gerai restoran Sushi Zanmai, yang diklaim menjadi restoran Sushi pertama di Jepang yang buka selama 24 jam dan 365 hari per tahun.

Kimura mengatakan ia berencana untuk menawarkan ikan tuna tersebut untuk pelanggannya pada Sabtu malam. Sushi dengan irisan kecil ikan dapat dijual dengan harga mencapai 24 dollar per porsi. Jepang mengkonsumsi tuna terbanyak mencapai 80% dari ketersediaan tuna dunia yang kian menurun. Harga tuna yang terus melambung menimbulkan kekhawatiran di kalangan pemerhati lingkungan yang takut akan penurunan populasi tuna lebih lanjut.

Rekor harga ikan tuna tahun ini jauh melampaui rekor harga tahun lalu sebesar 646,000 dollar.

0 Response to "Harga Ikan Paling Mahal di Dunia 2017"

Posting Komentar

wdcfawqafwef