Tingkatkan Konsumsi Ikan Nasional, KKP dan Kadin dorong Program Gemarikan

gemarikan
Tingkatkan Konsumsi Ikan Nasional, KKP dan Kadin dorong Program Gemarikan - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sepakat untuk bersinergi dalam mendukung Program Gerakan Mari Makan Ikan (Gemarikan). "Program Gemarikan sangat penting dibudayakan karena saat ini masyarakat belum banyak yang memanfaatkan ikan," Kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C.Sutardjo dalam acara diskusi bersama Kadin di Jakarta, Kamis (5/04).

Lebih lanjut Sharif mengatakan, ini merupakan tugas kita untuk mensosialisasikan Program Gemarikan dalam kebutuhan sehari-hari di masyarakat. Dikatakannya, Program Gemarikan dinilai erat berhubungan dengan peningkatan taraf kesejahteraan nelayan yang sebagian besar masih hidup memprihatinkan. Peningkatan konsumsi ikan akan berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan, pembudidaya dan pengolah hasil perikanan.

Selain itu, Sharif menyatakan apresiasinya atas partisipasi dunia usaha khususnya para anggota Kadin yang mulai melirik di sektor kelautan dan perikanan. Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto menyatakan dukungannya terhadap program Gemarikan yang di usung oleh KKP. Bambang menuturkan, peningkatan dalam konsumsi ikan bukanlah suatu hal yang mustahil karena wilayah Indonesia memiliki potensi ikan yang cukup besar sehingga dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Senada dengan Bambang, Wakil Ketua Umum Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto menuturkan, jika tingkat konsumsi ikan masyarakat tinggi, maka semakin tinggi pula dorongan produktivitas kelautan dan perikanan Indonesia. Menurut Yugi, tingkat konsumsi makan ikan yang kecil dapat mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan. Oleh sebab itu sambungnya, Gemarikan merupakan tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah saja tetapi juga para pengusaha dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Yugi mengharapkan, program Gemarikan dapat memberikan efek positif terhadap industrinya, maupun pelaku perikanan dan kelautan di segala tingkatan terutama bagi para nelayan dan petambak dalam mencapai kesejahteraan.

Tercatat tingkat konsumsi ikan nasional tahun 2009 mencapai 29,08 kg/kapita/tahun, 2010 mencapai 30,48 kg/kapita/tahun sedangkan pada tahun 2011 rata-rata konsumsi ikan per kapita nasional tahun 2011 adalah 31,64 kg/kapita mengalami peningkatan rata-rata 3,81 persen dibandingkan konsumsi tahun 2010.

Selama periode 2007-2011, rata-rata konsumsi ikan per kapita sebesar 5,04 persen. Peningkatan konsumsi ikan didukung dengan adanya promosi produk dan Gerakan Makan Ikan di seluruh provinsi. Di sisi lain, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, total produksi perikanan nasional pada tahun lalu sudah mencapai 10,65 juta ton.

Seperti diketahui Program Gerakan Mari Makan Ikan merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Selain itu, program ini juga sebagai langkah upaya pengembangan sektor kelautan dan perikanan yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyejahterakan nelayan maupun pembudidaya ikan.


Tingkatkan Konsumsi Ikan Nasional, KKP dan Kadin dorong Program Gemarikan

0 Response to "Tingkatkan Konsumsi Ikan Nasional, KKP dan Kadin dorong Program Gemarikan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef