Perbandingan Pertumbuhan dan Komposisi Daging Ikan Kerapu Tikus, Cromileptes altivelis yang Diberi Pakan Buatan Sendiri, Pakan Komersial dan Ikan Rucah

Jurnal Penelitian Perikanan - Perbandingan Pertumbuhan dan Komposisi Daging Ikan Kerapu Tikus, Cromileptes altivelis yang Diberi Pakan Buatan Sendiri, Pakan Komersial dan Ikan Rucah - Abstrak: Pengembangan pakan pellet untuk budidaya ikan merupakan aspek penting dalam industri akuakultur. Dua macam pakan buatan self-mixed diformulasikan dengan campuran bahan pakan alternatif (limbah pakan ternak ayam and bungkil sawit) untuk menggantikan tepung ikan dan minyak ikan dan diberikan sebagai pakan benih ikan kerapu tikus(Cromileptes altivelis) (berukuran 4,1 ± 0,1 g) selama 14 minggu.

Performa pakan buatan dari limbah pakan ternak ayam dibandingkan dengan pakan ikan komersial lokal, pakan ikan komersial impor, dan dengan ikan rucah (Sardinella spp.).

Performa pertumbuhan kerapu tikus yang diberi pakan buatan dari limbah pakan ternak ayam lebih baik atau sebanding daripada pertumbuhan kerapu tikus yang diberi pakan komersial atau ikan rucah. Rasio Konversi Pakan (FCR) pada ikan yang diberi pakan pellet buatan (1,3-2,4) secara signifikan lebih baik daripada FCR ikan yang diberi pakan ikan rucah (5.0). Tingkat kelangsungan hidup (SR) kerapu tikus yang diberi pakan ikan rucah (50%) secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan kelompok ikan yang diberi perlakuan lainnya yang memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih dari 95%.

Komposisi proksimat dan asam lemak dari daging ikan kerapu pada akhir percobaan pemberian pakan mencerminkan komposisi dari pakan yang diberikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua pakan ikan laut memiliki kualitas yang sama, tetapi apabila diformulasikan sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan kerapu tikus, maka pakan pellet secara konsisten memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan pakan berupa ikan rucah. Oleh karena itu, penggantian pakan dari ikan rucah ke pakan pellet sangat dianjurkan bagi petani ikan kerapu.

Oleh: R. Shapawi, S. Mustafa and W.K. Ng, 2011. Perbandingan Pertumbuhan dan Komposisi Daging Ikan Kerapu Tikus, Cromileptes altivelis yang Diberi Pakan Buatan Sendiri, Pakan Komersial dan Ikan Rucah. Journal of Fisheries and Aquatic Science, 6: 523-534.

Kata Kunci: ikan kerapu, Cromileptes altivelis, pakan ikan laut, pakan buatan, pakan komersial, ikan rucah

0 Response to "Perbandingan Pertumbuhan dan Komposisi Daging Ikan Kerapu Tikus, Cromileptes altivelis yang Diberi Pakan Buatan Sendiri, Pakan Komersial dan Ikan Rucah"

Posting Komentar

wdcfawqafwef