Deteksi Nonradioaktif Spesifik Bakteri NHP pada Udang Penaeus vannamei Melalui Hibridisasi In Situ

penaeus vannamei
Jurnal Penelitian Perikanan - Deteksi Nonradioaktif Spesifik Bakteri NHP pada Udang Penaeus vannamei Melalui Hibridisasi In Situ - Abstrak: NHP (Necrotizing Hepatopancreatitis) adalah penyakit yang menyerang udang putih (Penaeus vannamei) hasil budidaya tambak yang disebabkan oleh bakteri pleomorfik intraseluler. Sebuah probe DNA yang spesifik untuk agen etiologi dari necrotizing hepatopancreatitis (NHP) telah dibuat dan diuji dalam uji hibridisasi in situ. Sebuah prosedur dikembangkan untuk pelabelan probe DNA beruntai tunggal dengan digoksigenin oleh reaksi berantai polimerase. Probe DNA meliputi daerah variabel V1 dan V2 dari gen 16S ribosomal RNA (rRNA) dan dirancang untuk melakukan hibridisasi untuk urutan komplementer dari rRNA 16S bakteri NHP.

Probe diuji pada spesimen-spesimen fixed, parafin-embedded, dan suatu sinyal hibridisasi yang intens dan spesifik ditempatkan ke dalam sitoplasma sel epitel hepatopancreatic yang terinfeksi bakteri NHP, yang ditunjukkan oleh suatu seri pewarnaan dengan hematoxylin dan eosin atau metode Steiner dan Steiner. Hasil negatif diperoleh dari udang normal dan dari udang yang terinfeksi Vibrio spp. Sifat spesifik dari probe telah diuji menggunakan jaringan mamalia atau burung yang terinfeksi bakteri intraseluler lainnya, termasuk Ehrlichia canis, Salmonella enteritidis, Brucella abortus, dan Chlymidia spp., Dan menggunakan spesies udang lainnya (P. monodon) diinfeksi dengan bakteri intraseluler menyerupai rickettisa yang berbeda.

Oleh: James K. Loy dan Paul F. Frelier. Department of Veterinary Pathobiology, Texas A&M University, College Station, TX 77843. Journal of Veterinary Diagnostic Investigation July 1996 vol. 8 no. 3 324-331.

Deteksi Nonradioaktif Spesifik Bakteri NHP pada Udang Penaeus vannamei Melalui Hibridisasi In Situ

0 Response to "Deteksi Nonradioaktif Spesifik Bakteri NHP pada Udang Penaeus vannamei Melalui Hibridisasi In Situ"

Posting Komentar

wdcfawqafwef