Sensitivitas Antibiotik dan Aktivitas In Vitro Antimikroba Ekstrak Tanaman Obat terhadap Pseudomonas fluorescens yang Diisolasi dari Ikan Sakit

Jurnal Perikanan - Sensitivitas Antibiotik dan Aktivitas In Vitro Antimikroba Ekstrak Tanaman Obat terhadap Pseudomonas fluorescens yang Diisolasi dari Ikan Sakit - Abstrak: Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi isolat Pseudomonas fluorescens dari sampel bakteri yang diisolasi dari bakteri septikemia hemoragik yang menginfeksi ikan mas dan lele, mengevaluasi pola sensitivitas antibiotik dan aktivitas antibakteri dari beberapa ekstrak tanaman obat terhadap isolat.

Sebanyak 10 isolat yang diidentifikasi sebagai P. fluorescens berdasarkan uji morfologi, fisiologis dan biokimia. Uji sensitivitas in vitro antibiotik terhadap isolat P. fluorescens dilakukan dengan metode cakram difusi terhadap tujuh antibiotik.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa semua isolat hanya sensitif terhadap streptomisin dan gentamisin, dan sebagian besar isolat (80%) ditemukan resisten terhadap kloramfenikol (C). Selain itu, delapan puluh persen dari isolat menunjukkan resistensi terhadap antibiotik ganda.

Sebanyak 118 ekstrak tanaman diuji aktivitas antibakteri mereka terhadap isolat P. fluorescens dan didapatkan bahwa isolat menunjukkan kepekaan (sensitivitas) terhadap 30 sampel ekstrak tanaman. Ekstrak daun Tamarindus indicus, Terminalia chebula, Citrus aurantifolia, Eugenia dan Spondias pinnata caryophyllata diketahui dapat menghambat pertumbuhan semua isolat P. fluorescens.

Oleh: MJ Foysal, MM Rahman, M Alam. International Journal of Natural Sciences (iJNS). Dept. of Medicine & Surgery, Faculty of Veterinary & Animal Sciences, Sylhet Agricultural University, Bangladesh. 2011; 1(4): 82-88.

“Sensitivitas Antibiotik dan Aktivitas In Vitro Antimikroba Ekstrak Tanaman Obat terhadap Pseudomonas fluorescens yang Diisolasi dari Ikan Sakit”


Kata Kunci: Penyakit Ikan, Pseudomonas fluorescens, Antibiotik, Antibakteri, Antimikroba, Tanaman Obat, Ekstrak Tanaman Obat, Sensitivitas Antibiotik, Sensitivitas Tanaman Obat

0 Response to "Sensitivitas Antibiotik dan Aktivitas In Vitro Antimikroba Ekstrak Tanaman Obat terhadap Pseudomonas fluorescens yang Diisolasi dari Ikan Sakit"

Posting Komentar

wdcfawqafwef