Memulai Usaha Budidaya Ikan

budidaya ikan

Memulai Usaha Budidaya Ikan - Memulai bisnis di usaha budidaya perikanan dapat memberikan keuntungan bagi yang menjalankannya. Dengan mempelajari dan memahami cara-cara khusus yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan, memungkinkan Anda untuk memulai budidaya ikan anda dengan cara yang benar.

Di bawah ini akan dijelaskan tips berupa langkah-langkah untuk memulai usaha budidaya ikan :

1) Buatlah rencana bisnis (bisnis plan) dan strategi pemasaran serta petakan sumber daya keuangan anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menentukan tahap awal kebutuhan dan garis besar dari visi yang ingin Anda capai.

2) Pilih struktur bisnis, urus izin usaha, dan daftarkan usaha budidaya ikan anda pada instansi terkait yang tepat, baik di tingkat RT/RW, desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten sampai dengan tingkat propinsi (kalau dibutuhkan).

3) Tentukan jenis ikan yang akan dibudidaya, dan apakah Anda ingin lebih dari satu jenis ikan. Ini akan menentukan segala hal yang diperlukan dalam pelaksanaan usaha budidaya ikan anda.

4) Membangun media budidaya ikan. Tergantung pada jenis ikan yang Anda pilih, Anda harus dapat membangun sebuah habitat/lingkungan yang bekerja secara efektif (optimal) bagi kehidupan dan pertumbuhan ikan yang dipelihara. Misalnya, bila Anda memiliki ikan air tawar yang memerlukan perairan yang lebih segar dan mengalir, anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki sumber air yang mengalir dengan debit yang cukup besar. Seringkali, budidaya ikan memerlukan penyedotan air dengan satu pompa utama yang akan memastikan ketersediaan air pada debit tertentu. Begitu pun dengan kolam penampungan air yang dapat membantu anda menjamin kuantitas dan kualitas air yang diperlukan. Selain itu pastikan juga bahwa Anda memiliki cukup lahan untuk memberikan ruang pada ikan Anda leluasa bergerak/berenang (Perhatikan padat tebar!).

5) Bangunlah satu sistem budidaya ikan. Misalnya dengan membangun kolam pemijahan di satu lokasi, dan lokasi lainnya untuk menyimpan ikan yang tidak akan Anda pijahkan. Pada masing-masing loaksi, pastikan terdapat sistem yang berfungsi untuk menjaga kualitas air tetap bersih, sistem ikan selalu diberi makan, dan sistem pemompaan air masuk dan keluar dari sistem budidaya.

6) Dapatkan pasar. Anda mungkin perlu mendapatkan pelanggan berupa toko/lapak kecil yang membutuhkan ikan segar, atau toko/konsumen yang lebih besar yang lebih mudah dan praktis dalam pengiriman ikan anda (tentunya juga pembayaran). Pastikan Anda tahu dan menguasai cara pengiriman. Apakah Anda akan mengirim ikan anda dalam kondisi hidup? Pastikan anda tahu teknis dan alat yang diperlukan agar ikan anda dapat sampai ke pasar dalam kondisi baik.

Catatan:
Ini adalah artikel awal yang saya buat yang memuat tip-tip mengenai usaha budidaya ikan. Akan ada lagi artikel-artikel yang menarik lainnya tentang kiat-kiat usaha budidaya ikan (perikanan). Silakan kunjungi kembali blog saya, untuk mendapatkan informasi budidaya ikan lainnya. Bila berkenan, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah.

0 Response to "Memulai Usaha Budidaya Ikan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef