Sekilas Mengenal Ikan Corydoras

corydoras
Ikan Hias - Sekilas Mengenal Ikan Corydoras - Corydoras adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh penggemar ikan hias di Indonesia dan dapat menjadi produk perikanan untuk diekspor. Selain sebagai ikan hias air tawar, di negara-negara maju ikan Corydoras dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan produk kosmetik.

corydorasMeskipun ikan ini aslinya berasal dari Amerika Latin, tetapi sudah sejak lama berhasil dibudidayakn di Indonesia. Karena cara pembudidayaannya yang relatif sederhana dibandingkan dengan jenis ikan lain dan siklus pemeliharaannya untuk mencapai ukuran jual cukup singkat, ikan ini dikenal mudah untuk dibudidayakan dan bahkan dapat dilakukan dalam skala rumah tangga sekalipun.

Ciri morfologi dari ikan corydoras adalah memiliki bentuk tubuh yang pendek dan gemuk. Punggung lebih melengkung dibandingkan dengan perut. Kedua sisi tubuh ikan dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris. Ikan ini memiliki dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah serta ukuran panjang tubuhnya dapat mencapai 12 cm.

Video Ikan Corydoras:


Ikan Corydoras dapat dibudidayakan di kolam dengan oksigen terlarut dalam air yang rendah. Kondisi parameter kualitas air yang ideal bagi kehidupan ikan Corydoras adalah pada: pH 6-8, suhu air 21,5-28oC dan tingkat kesadahan 2-25 ppm.

By: Harry'S

Baca juga artikel tentang Corydoras lainnya:

0 Response to "Sekilas Mengenal Ikan Corydoras"

Posting Komentar

wdcfawqafwef