Jurnal Perikanan - Studi Kualitas Air pada Petakan Pendederan Benih Udang Windu (Penaeus monodon Fab.) di Kabupaten Indramayu

Jurnal Perikanan - Studi Kualitas Air pada Petakan Pendederan Benih Udang Windu (Penaeus monodon Fab.) di Kabupaten Indramayu - ABSTRAK: Henhen Suherman, Iskandar, Sri Astuty. 2002. Studi Kualitas Air pada Petak Pendederan Benih Udang Windu (Penaeus monodon Fab.) di Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilaksanakan di petak-petak pendederan Udang Windu Desa Karang Song dan Desa Tambak Singajaya, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat, pada bulan September 2002.

Tujuan dari penelitian ni adalah untuk mempelajari kualitas air pada petak pendederan benih Udang Windu yang dilakukan secara terkontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan cara pengambilan sample secara komposit pada petak-petak pendederan, saluran sekunder dan sumur bor (air tanah dangkal). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sifat fisik dan kimiawi perairan petak pendederan umumnya masih dalam kisaran yang layak untuk kehidupan biota perairan payau. Tingkat kesuburan berdasarkan kandungan unsur hara Nitrat dan Fosfat termasuk kategori oligotropik dan mesotrofik. Kelimpahan plankton masih dalam tingkat oligotropik (kurang subur).

Baca selengkapnya...

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

Artikel Menarik Lainnya