Diagnosis Penyakit Pada Udang Tambak Intensif

Diagnosis Penyakit Pada Udang Tambak Intensif - Jurnal Penelitian Perikanan - Judul Asli: Diagnosa dan Identifikasi Penyakit Udang Asal Tambak Intensif dan Panti Benih di Kalimantan Barat - ABSTRAK: Diganosa dan identifikasi jenis-jenis penyakit udang yang dipelihara di tambak pembesaran intensif dan benur di panti benih telah dilakukan di kawasan sentra produksi budidaya udang di Kalimantan Barat yang meliputi Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Pontianak serta Kota Singkawang.

Pelaksanaan Penelitian: Diagnosis Penyakit Pada Udang Tambak Intensif

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis penyakit udang yang ada dan organisme patogen penyebabnya, sehingga langkah pencegahan dan tindakan pengobatan yang tepat dan sesuai dapat direncanakan.

Hasil Penelitian:DiagnosisPenyakit Pada Udang Tambak Intensif

Penyakit viral yang ditemukan di tambak pembesaran udang adalah Monodon Baculo Virus (MBV), Hepa-topancreatic Parvo-like Virus (HPV) dan White Spots Syndrome Virus (WSSV). Pada benur di panti benih, panyakit viral yang ditemukan adalah MBV dan WSSV. Sedangkan penyakit bakterial tidak ditemukan, baik di tambak maupun di panti benih. Kemudian penyakit infeksi udang lainnya yang ditemukan di tambak yaitu penyakit udang lumutan atau udang bersepatu yang disebabkan oleh Protozoa (Zoothamnium sp.).

Kata kunci: diagnosis, identifikasi, penyakit pada udang, tambak, panti benih

Baca selengkapnya...

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "Diagnosis Penyakit Pada Udang Tambak Intensif"

Posting Komentar

wdcfawqafwef