Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam

Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam - Jurnal Penelitian Perikanan - Judul Asli: Analisis Usaha Tani Budidaya Ikan Nila dalam Kolam di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan - ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) faktor-faktor produksi yang mempengaruhi tingkat produksi usaha budidaya ikan nila dalam kolam dan (2) efisiensi penggunaan faktor produksi oleh petani ikan nila dalam kolam. Penelitian ini dilakukan di daerah Kabupaten Banjar. Dalam pengambilan contoh digunakan metode simple random sampling.

Pelaksanaan Penelitian: Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam

Data yang dianalisis dikumpulkan dari 100 orang responden, terdiri dari 50 orang petani kolam ikan nila dengan sumber air irigasi dan 50 orang petani kolam ikan nila dengan sumber air non irigasi.

Model analisis yang digunakan adalah analisis fungsi produksi Cobb-Douglas dan analisis efisiensi alokatif.

Hasil Penelitian: Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 

  1. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap tingkat produksi budidaya ikan nila adalah luas kolam, jumlah benih, jumlah pakan dan tingkat mortalitas; 
  2. Hasil analisis fungsi produksi juga menunjukkan bahwa secara teknis petani budidaya ikan nila yang menggunakan air dari sumber irigasi lebih efisien dibandingkan petani yang menggunakan sumber air non irigasi; 
  3. Hasil analisis efisiensi alokatif menunjukkan bahwa untuk mencapai keuntungan maksimum petani harus menambah luas kolam budidaya ikan nila, mengurangi jumlah benih dan mengurangi jumlah penggunaan pakan.

Kata kunci : analisis usaha, ikan nila, budidaya ikan nila, faktor produksi, harga faktor produksi

Baca selengkapnya..

Baca juga Abstrak Jurnal Penelitian Perikanan lainnya:

0 Response to "Analisis Usaha Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam"

Posting Komentar

wdcfawqafwef